Month: June 2016

Udahan Dong, Plis

image

Katanya kalo bulan Ramadhan, setan-setan pada dikurung. Kok masih banyak orang bejat?

Kurasa jawabannya adalah karena manusianya sudah terbiasa. Maksudku, manusianya sudah terbiasa berkelakuan buruk, sehingga setan nggak usah susah payah menggoda lagi.
Misalnya, kita udah biasa ngomong kasar. Dikit-dikit mengumpat. Bahkan mengumpat udah jadi refleks lidah ketika terjadi sesuatu. Dulu, aku pernah dimarahin mamaku karena mengumpat “Anj**g” pas kepentok pintu. Umpatan itu keluar begitu saja, seperti refleks menghisap jari ketika tergores. “Makanya mulut tuh dibiasain istighfar! Jangan ngumpat melulu,” kata mamaku waktu itu.
Atau kebiasan buruk suka bermalas-malasan dan menunda-nunda sesuatu. Ketika mau mulai baca buku agama, tiba-tiba merasa gimana kalo nanti dianggap sebagai anak sok alim? Akhirnya nggak jadi dan bisikan setan itu berubah jadi mindset.
Belum lagi dengan kebiasaan-kebiasaan lain yang dengan sadar atau tidak jadi bernilai dosa.
Aku percaya kalau setan beneran dikurung sama Allah di bulan yang suci ini. Jadi ketika kebiasaan burukku muncul di bulan puasa, aku tahu aku nggak bisa menyalahkan setan. Semuanya karena aku udah terbiasa. Kebiasaan menjelma setan.

Dua Dini Hari

Seandainya aku tinggal di ibukota, jam segini aku mungkin sudah ada di stasiun televisi terdekat, mencari uang dengan menjadi penonton bayaran di program sahur.
Baru kusadari, program sahur dimulai pukul dua dini hari. Mungkin agar mereka yang di timur tetap bisa sahur sembari menonton televisi, menantikan sirene waktu imsak.
Seandainya aku tinggal di ibukota, berapa uang yang kudapat dari tidak bisa tidurnya aku ini? Lima puluh ribu? Seratus?

Kecewa

Kecewa sama diri sendiri yang selalu berbuat buruk.
Kapan berhenti melakukan keburukan?
Dari awal sudah membulatkan tekad,
Berubah. Harus berubah!
Tapi omong kosong.
Keburukan masih dilakukan,
Nyaris seperti kebiasaan.
Terutama kalau sedang tidak punya kerjaan.
Rasanya ingin mengumpat!
Kecewa! Aku kecewa!
Kapan bisa berbuat kebaikan?
Tidak perlu suci seperti malaikat.
Aku hanya ingin jadi orang baik.

Midnight Thoughts

Aku takut mati mendadak di kosan.
Aku takut mati mendadak, kemudian orang tuaku datang membawa jenazahku pulang, juga membereskan semua barang-barang di kamarku.
Lalu menemukan tulisan-tulisan rahasiaku (yang pastinya super alay) di seluruh sudut kamar.
Dan di laptop.
Lalu mereka membacanya dan berpikir, “astaga, anak kita tolol sekali. Alay sekali. Dia terlalu banyak mengonsumsi drama kekejuan semasa mudanya,”
Lalu aku, yang telah menjadi arwah, merasa malu karena kebodohanku ketahuan. Lalu arwahku nggak bisa beristirahat dengan tenang karena begitu malunya.
Ya Tuhan, itu aib! Aib! AIB!!!
Apa kubakar saja semua rahasiaku itu?
Atau harus kutuliskan wasiat seperti “tolong kubur semua barang-barangku di sebelahku jika aku nanti mati dan tolong jangan buka apapun atau jangan baca apapun” lalu menempelkannya di bagian dalam pintu lemari?
Astaga,
Semoga aku nggak mati dalam keadaan memalukan.

You

And you say I’m such a cliche,
I can’t see the difference in it either way.
And we left things to protect my mental health
But you call me when you’re bored and you’re playing with yourself

-The 1975, The Sound

I really hate you. You just came out of the blue, greet me a little “Hi” and disappear. I hate it when I can’t ignore you. I hate it when I replied to your text and waiting for your answer like a fool. I hate myself when I loosen my guard for you. I hate the fact that I still like you, but I don’t want you.
I hate you.
I hate me for always falling for you.

Tiger Teeth

Don’t you call me on the telephone
Don’t make plans with my friends
It’s the best of you to leave me alone
When I’m with you I just wanna play pretend

Tiger in my heart again
When you swallow someone whole, you’re bound to choke
Well, I guess we can’t ever be friends
I ate you up the day we first spoke

One heart one too many to stomach
Love bites so deep and we got tiger teeth

From the still unreleased yet song by Walk The Moon, Tiger Teeth.
Oh, and this lyric has nothing to do with my feelings. I just love the acoustic version of this song. Find it on Youtube 🙂